Jurusan Ilmu Komputer

Entry Baru,Info Baru. Ilmu Komputer, iah Ilmu Komputer. Banyak Pertanyaan yang datang mengenai Ilmu Komputer. Dan banyak yang salah mengartikan Ilmu Komputer itu sama dengan Tekhnik Informatika. Beda Mas/Mba.. Nama nya aja udah beda,apalagi isinya. Pertanyaannya kadang rada ngeselin tapi ada bener nya juga.



  • Ken, ngapain sii di ilmu komputer?kerjaan lo main game mulu juga
  • Udah berapa komputer atau laptop yang udah lo ancurin ken?
  • Kak, Sama gak sih Ilmu Komputer sama teknik informatika?kan sama sama gunain komputer ka???
Kemaren kan sempet posting soal  Membuat Bilangan Prima Dengan Bahasa C. Nah sekarang saatnya untuk memberikan para reader pencerahan mengenai Ilmu Komputer.


Ilmu Komputer atau Teknik Informatika identik dengan computer programming. Tapi, sebenarnya programming itu ngapain sih?
Programming adalah cara gimana lo ngajarin hal yang paling bego sedunia (komputer) untuk melakukan apa yang lo mau. Ya, komputer yang lo lihat sangat canggih bisa ngapain aja, sebenarnya adalah sebuah perangkat yg punya otak dasar dan siap diisi untuk menjalankan sebuah fungsi yang lo harapkan. 
Dari mulai hal yang sangat sederhana dan terkesan sepele, seperti menampilkan tulisan “Hello World” di layar komputer ketika kita meng-klik icon tertentu, menghitung luas segitiga dengan input angka alas dan tinggi, mengidentifikasi wajah dari foto/sidik jari pada KTP dengan mencocokkan data padadatabase pemerintah, sampai cara untuk memberikan komando tertentu pada robot yang mendarat di planet Mars dengan jarak 225,300,000 km dan delay time sampai 13 menit.
Nah, lo ajarin deh tuh komputer dari scratch. Lo pecah fungsi yang lo harapkan komputer bisa jalankan jadi urutan langkah kecil-kecil. Misalnya, pada contoh program menghitung luas segitiga. Lo ajarin dulu komputernya gimana cara menerima input angka alas dan tinggi dari user, lo tentu mesti ajarin juga rumus luas segitiga gimana, mengkalkulasikan angka yang dimasukkan user, sampai akhirnya lo ngajarin si komputer gimana menampilkan hasilnya ke layar.
Masalah sesederhana menghitung luas segitiga, lo bisa break jadi langkah-langkah yang terurut. Urutan langkah ini disebut dengan algoritma. Kemudian, lo terjemahkan algoritma itu dalam bentuk kode-kode dalam bahasa pemrograman.
Jurusan Ilmu Komputer lebih contoh kearah ‘sains’-nya komputer, dimana akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dll. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya.
Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Disini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga pasti dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI wajib membuat aplikasi.
Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.
  • Kenapa memilih ilmu komputer?kenapa gak teknik informatika ajah?
  • Emang apa enaknya Ilmu Komputer?
Karena Udah Niat dari orangnya sendiri mau gimana lagi? dan Menurut gue sendiri Mahasiswa tipe ini (atau ortunya) membayangkan kuliah di Ilkom/IT itu keren, bergengsi, mengikuti jaman. Kalo udah lulus punya lapangan kerja yang luas, bisa masuk kerja ke mana-mana. Gajinya juga ngga kacangan.

Cuman itu aja sih dah gak lebih. Makasih Udah Baca Post ini 

Referensi : https://www.zenius.net/blog/7163/jurusan-ilmu-komputer-teknologi-informasi
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar